Selasa, 01 November 2011

RPP TEMATIK KELAS 3 SD SEMESTER 2 ( TEMA KE-1 )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Sbk, Bp, Bahasa Indonesia
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Senin, 2 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
5.1
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya

C.     INDIKATOR
Bahasa Indonesia
§ Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu

D.     TUJUAN
Bahasa Indonesia
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
Bahasa Indonesia
§ Siswa memahami perintah

F.      ALOKASI WAKTU
2 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Bahasa Indonesia
2.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )
3.       Lembar Tugas Siswa ( LTS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
·         Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
·         Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
·         Siswa meringkas penjelasan yang didengar
3.       Penutup
1.       Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan          
2.       Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3.       Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4.       Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5.       Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.



                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3




KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Matematika(2jp), Ips(1jp), Pkn(1jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Selasa, 3 Januari 2012


A.       STANDAR KOMPETENSI
Matematikan :
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Ips :
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Pkn :
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematikan :
3.1.  Mengenal pecahan sederhana
Ips :
2.2.  Memahami pentingnya semangat kerja
Pkn :
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.

C.     INDIKATOR
Matematika :
§ Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
Ips :
§ Menjelaskan alasan orang harus bekerja
Pkn :
§ Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

D.     TUJUAN
Matematika :
§ Siswa dapat Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
Ips :
§ Siswa dapat Menjelaskan alasan orang harus bekerja
Pkn :
§ Siswa dapat Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengenal pecahan
§ Siswa mengetahui jenis-jenis pekerjaan ( guru, dokter, polisi dll )
§ Siswa memahami kekayaan alam ciptaan Tuhan.

F.      ALOKASI WAKTU
4 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Matematika
2.       Buku Tematik B
3.       Buku Pkn
4.       Buku Ips
5.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
     Matematika :
·         Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, ¼
·         Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, ¼
Ips :
·         Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
·         Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
·         Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Pkn:
·         Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
·         Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.
                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3



KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia (2jp), Pkn (2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Rabu, 4 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Pkn :
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
5.1
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
Pkn :
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.

C.     INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·         Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
Pkn :
§ Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

D.     TUJUAN
Bahasa Indonesia
·         Siswa dapat Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
Pkn :
§ Siswa dapat Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
Bahasa Indonesia
§ Siswa memahami teks drama
Pkn :
§ Siswa memahami kekayaan alam ciptaan Tuhan.

F.      ALOKASI WAKTU
4 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Bahasa Indonesia
2.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )
3.       Buku Pkn
4.       Buku Tematik B

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
Bahasa Indonesia :
·         Setelah mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
·         Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
·         Siswa meringkas penjelasan yang didengar
Pkn:
·         Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
·         Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan

3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.



                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3




KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Matematika(2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Kamis, 5 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Matematikan :
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematikan :
3.2.  Mengenal pecahan sederhana

C.     INDIKATOR
Matematika :
§ Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat

D.     TUJUAN
Matematika :
§ Siswa dapat Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengenal pecahan

F.      ALOKASI WAKTU
2 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Matematika
2.       Buku Tematik B
3.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

2.       Inti
        Matematika :
·         Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, ¼
·         Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, ¼
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.






                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3B



KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Matematika(2jp), B.Indonesia(2jp), Ipa(2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Jum’at, 6 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Matematikan :
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Ipa :
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
B.     KOMPETENSI DASAR
Matematikan :
3.3.  Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia
5.2
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Ipa :
4.2    Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak

C.     INDIKATOR
Matematika :
§ Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Bahasa Indonesia :
§ Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
Ipa :
§ Menyebutkan pengertian angin

D.     TUJUAN
Matematika :
§ Siswa dapat Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Bahasa Indonesia :
§ Siswa dapat Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
Ipa :
§ Siswa dapat Menyebutkan pengertian angin

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengenal pecahan
§ Siswa mengetahui berbagai bencana alam
§ Siswa mengetahui angin

F.      ALOKASI WAKTU
6 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Matematika
2.       Buku Tematik B
3.       Buku Bahasa Indonesia
4.       Buku Ipa
5.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
     Matematika :
·         Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·         Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Bahasa Indoneisa :
·         Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
·         Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
Ipa :
·         Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
·         Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
·         Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.
                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3



KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Ips(2jp), Ipa(2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Sabtu, 7 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Ips :
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Ipa :
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

B.     KOMPETENSI DASAR
Ips :
2.3.  Memahami pentingnya semangat kerja
Ipa :
4.3    Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak

C.     INDIKATOR
Ips :
§ Menjelaskan alasan orang harus bekerja
Ipa :
§ Menunjukkan pengertian angin

D.     TUJUAN
Ips :
§ Siswa dapat Menjelaskan alasan orang harus bekerja
Ipa :
§ Siswa dapat Menunjukkan pengertian angin

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengetahui jenis-jenis pekerjaan ( guru, dokter, polisi dll )
§ Siswa memahami udara yang bergerak.

F.      ALOKASI WAKTU
4 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Ips
2.       Buku Tematik B
3.       Buku Ipa
4.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
     Ips :
·         Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua bekerja
·         Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
·         Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Ipa :
·         Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
·         Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
·         Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.



                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3




KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : B.Indonesia(2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Senin, 9  Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
5.2
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya

C.     INDIKATOR
Bahasa Indonesia :
§ Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak

D.     TUJUAN
Bahasa Indonesia :
§ Siswa dapat Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengetahui berbagai bencana alam

F.      ALOKASI WAKTU
2 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Tematik B
2.       Buku Bahasa Indonesia
3.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
     Bahasa Indoneisa :
·         Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang didengar
·         Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
3.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
4.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.



                                                                                    Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3B




KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Matematika(2jp), Ips(1jp), Pkn(1jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Selasa, 10 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Matematikan :
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Ips :
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Pkn :
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

B.     KOMPETENSI DASAR
Matematikan :
3.4.  Mengenal pecahan sederhana
Ips :
2.4.  Memahami pentingnya semangat kerja
Pkn :
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.

C.     INDIKATOR
Matematika :
§ Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Ips :
§ Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
Pkn :
§ Menyebutkan manfaat sungai

D.     TUJUAN
Matematika :
§ Siswa dapat Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
Ips :
§ Siswa dapat Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
Pkn :
§ Siswa dapat Menyebutkan manfaat sungai

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
§ Siswa mengenal pecahan
§ Siswa mengetahui jenis-jenis pekerjaan ( guru, dokter, polisi dll )
§ Siswa memahami kekayaan alam ciptaan Tuhan.

F.      ALOKASI WAKTU
4 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Matematika
2.       Buku Tematik B
3.       Buku Pkn
4.       Buku Ips
5.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
     Matematika :
·         Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·         Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
Ips :
·         Guru menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
·         Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Pkn:
·         Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
·         Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
·         Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.
                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3B



KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK

                        Satuan Pendidikan         : Sekolah Dasar Negeri Cimone 4
                        Tema                            : PERISTIWA
                        Kelas / Semester           : 3 (Tiga) / 2 (Dua)
                        Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia (2jp), Pkn (2jp)
                        Jumlah Pertemuan         : 1 x Pertemuan
                        Hari / Tanggal                : Rabu, 11 Januari 2012


A.     STANDAR KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
7.. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Pkn :
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
7.1
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Pkn :
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.

C.     INDIKATOR
Bahasa Indonesia
·         Membaca bacaan agak panjang secara intensif
Pkn :
§ Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

D.     TUJUAN
Bahasa Indonesia
·         Siswa dapat Membaca bacaan agak panjang secara intensif
Pkn :
§ Siswa dapat Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan

E.      KEMAMPUAN PRASYARAT
Bahasa Indonesia
§ Siswa lancar membaca
Pkn :
§ Siswa memahami kekayaan alam ciptaan Tuhan.

F.      ALOKASI WAKTU
4 Jam Pelajaran @35 menit

G.     MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Buku Bahasa Indonesia
2.       Lembar Kerja Siswa ( LKS )
3.       Buku Pkn
4.       Buku Tematik B

H.     PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan : -
2.       Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.       Penugasan
c.       Tanya jawab

I.        LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.       Pendahuluan
·         Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·         Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
·         Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
2.       Inti
Bahasa Indonesia :
·         Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
·         Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan huruf intensif (seorang-seorang)
Pkn:
·         Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
·         Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
3.       Penutup
·         Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  
·         Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
·         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
·         Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

J.       PENILAIAN
1.       Penilaian proses dilakukan pada saat siswa aktif selama proses pembelajaran
2.       Penilaian hasil didasarkan pada hasil kerja siswa  seperti penyelesaian lembar kerja dan lembar tugas atau latihan.



                                                                                                Tangerang, 17 Oktober 2011
Mengetahui,
Kepala SDN Cimone 4                                                                           Guru Kelas 3B




KADAR HERMAWAN                                                                    TATI SUWARSIH, S.Pd.
            NIP. 195211121974031007